Rabu, 14 September 2016

Makanan Khas


Kota Madiun menurut saya adalah kota yang selain terkenal dengan Perindustrian Kereta Api Indonesia juga kota yang sangat cocok untuk kita berkuliner. Karena kalau tidak mencoba kuliner khas Kota Madiun rasanya sangat rugi dan menyesal.
Kota Madiun mempunyai berbagai makanan khas dan jajanan yang sangat tradisional. Saya akan memperkenalkan makanan khas, minuman khas dan jajanan khas asli kota kelahiran saya yaitu Kota Madiun. Begitu banyak sekali makanan khas asli Kota Madiun kalau saya kasih tahu satu persatu gak bakalan habis-habisnya. Hehehe. Ini nih saya kasih tahu makanan, minuman dan jajanan apa aja yang terkenal di Kota Madiun Ini.

Makanan Khas yang terkenal di Kota Madiun adalah sebagai berikut:
1. Nasi Pecel
Pecel Pincuk Khas Madiun

Nasi Pecel sangat familiar sekali di Madiun. Karena tujuan pendatang dari luar kota pasti ingin merasakan rasa asli makanan ini. Banyak sekali pedagang yang menjual makanan ini. Dan hampir seluruh restoran maupun warung menjual makanan ini. Jadi jika anda ingin mencoba Nasi Pecel Khas kota sini, tidak perlu khawatir karena jika anda berjalan pasti menemui penjual Nasi Pecel. 
Nasi Pecel adalah makanan yang terdiri dari sayur yang direbus dan lauk yang dihidangkan dengan alas yang berbeda seperti piring lidi yang disebut ingke, pincuk, atau tampah bambu sesuai ciri khas kota pecel ini. Sayuran yang sering dihidangkan antara lain kacang panjang, taoge, mentimun, daun singkong, dan daun kemangi. Dan bumbu sambal kacang khas yang disiramkan ke sayuran itu. Kacang yang ditumbuk menggunakan alat tumbuk dan menambahkan bumbu bumbu agar rasa sambal menjadi tidak hambar. Selain enak menggunakan nasi juga dapat disajikan dengan sayuran saja dan bisa buat diet loo.. Nih aku kasih tahu tempat nasi pecel yang terkenal enak di Madiun. Sebenarnya sih semua rasa sama cuma ada ciri khas masing masing. Tempat penjual nasi pecel yang terkenal di Madiun yaitu Warung Nasi Pecel Bu Wo, Nasi Pecel Yu Gembrot dan Nasi pecel Yu Dhani.

2. Nasi Jotos


Udah pernah cobain Nasi Jotos apa belum nih. Pasti udah mencoba semua ya. Nah nasi jotos sangat digemari oleh masyarakat Kota Madiun. Bahkan banyak sekali yang menjualnya di warung-warung kalian dapat menjumpai. Sebenarnya Nasi Jotos bukan berasal dari Kota Madiun. Akan tetapi yang membuat menjadi khas orang sini yang menjadikan nasi jotos sebagai makanan khas dan favorit kita. Dan cara menyajikannya juga berbeda.

Nasi Jotos merupakan salah satu makanan khas di Kab Madiun dan sekitarnya. Mendengar namanya kita akan membayangkan tinju yang mengepal. Nama ini cukup unik tapi cocok dengan bentuknya yang terdiri dari nasi sebesar kepalan orang dewasa disertai lauk berupa telur, tempe atau tahu dan sambal dan beberapa aksesoris tambahan bisa berupa mie, atau bihun dengan pembungkus daun, sekarang umumnya memakai kertas sebagai pembungkusnya.

0 komentar:

Posting Komentar