Sabtu, 10 September 2016

Madiun Kota Gadis


Banyak orang yang tidak tahu arti maksud dari Kota Gadis. Terkadang orang Madiun pun masih belum tahu dan mengerti artinya. Apalagi dari orang luar kota, pasti mengira Kota Gadis itu kota yang banyak gadis-gadisnya. Salah jika menafsirkannya seperti itu.Pemerintah Kota Madiun sangat pintar membuat orang-orang penasaran tentang nama itu dan ingin lebih bertanya lebih jauh. Nah disini saya akan menjelaskannya secara detail apa arti nama dari Kota Gadis. Yukk intipp :)
Kota Gadis itu adalah salah satu julukan dari Kota Madiun yang merupakan sebuah singkatan yang artinya Kota Perdagangan, Pendidikan dan Industri. Kota Madiun ingin mengembangkan sektor perdagangan, pendidikan maupun industri.
·      Perdagangan
Dalam perdagangan Kota Madiun sangat terbukti bahwa banyak sekali tempat-tempat perdagangan mulai dari sandang, pangan dan lainnya. Tempat perdagangan atau pusat pembelanjaan di Madiun adalah sebagai berikut : 
  1. Plaza Madiun di Jalan Pahlawan
  2. Matahari Plaza di Jalan Pahlawan
  3. Sri Ratu 1 di Jalan Pahlawan
  4. Timbul Jaya Plaza di Jalan Pahlawan
  5. Presiden Plasa Utama di Jalan Jenderal Sudirman
  6. Presiden Plasa (Bursa Handphone) di Jalan Alun-alun Timur
  7. Carrefour Madiun di Jalan S.Parman
  8. Suncity Mall and Plaza di Jalan S. Parman
  9. Pasar Besar Madiun di jalan Jenderal Sudirman
  10. Pasar Joyo di Jalan Imam Bonjol
  11. Pasar Sleko di Jalan Trunojoyo
  12. Pasar Logam Jaya di Jalan Slamet Riyadi
  13. Pasar Ikan Putra di Jalan Pelita Tama
  14. Pasar Burung Sri Jaya di Jalan Pelita Tama
  15. Pasar Sukoasri di Jalan Mangun Karya
  16. Madiun Royal Square (MARS)
·       Pendidikan
Ngak cuma Jogja aja loo yang di juluki Kota Pelajar, tetapi Madiun juga. Daerah yang mengalami pemekaran pada tahun 2010 dan terbagi menjadi kota dan kabupaten ini menjadi magnet kuat bagi mereka yang ingin mengenyam pendidikan di region Jawa Timur.Kota Madiun juga dijuluki sebagai Kota Pelajar, karena begitu banyak pendidikan yang ada di Kota Madiun. Banyak sekali yang Tercatat Madiun memiliki 99 taman kanak-kanak, sekitar 89 SD & MI, 27 SMP dan MTs negeri maupun swasta, 17 SMA dan MA negeri dan swasta, serta 28 SMK negeri dan swasta. Madiun juga memiliki 3 Universitas, 1 Politeknik, 4 Sekolah Tinggi, 1 Institut, dan 6 Akademi.  Nama dan tempat Perguruan Tinggi, Sekolah-sekolah yang ada di Madiun  sangat banyak sekali. Saya akan memberikan ringkasan tentang nama dan tempat pendidikan di Madiun mulai dari Perguruan Tinggi sampai tingkat TK. Ini dia sebagai berikut :
1.      Sekolah Tinggi Ilmu Kereta Api (STIKA)
2.   SMA Negeri 1 Madiun (Sekolah Standar Nasional)
3.       SMK Negeri 1 Madiun (Sekolah Standar Internasional)
4.       MA Negeri 2 Madiun (Rintisan Madrasah Berstandar Internasional)
5.       SMP Negeri 4 Madiun (Sekolah Standar Nasional)
6.       MTs Negeri Madiun
7.       SMP Santo Yusuf Madiun (Sekolah Standar Nasional)
8.       SD  Negeri 04 Madiun Lor
9.       Min Manisrejo Madiun
10.   TK Negeri Pembina  Madiun 
·         Industri
Kota Madiun juga di kenal dengan Kota Industri. Mungkin orang diluar kota atau orang asing sangat penasaran Industri apa aja sih yang ada di Kota Madiun. Meskipun Madiun adalah kota kecil, tapi jangan heran ya kalau Madiun mempunyai industri yang banyak dan terkenal di Indonesia. Pusat Industri yang terkenal  di Indonesia adalah Perindustriaan KAI (INKA). Kamu tahu nggak sih gerbong yang sering kamu tumpangi itu adalah sebagian besar buatan dari Industri Kereta Api  Indonesia yang ada di Madiun loo . Industri Kereta Api Indonesia adalah Pabrik Pembuatan Kereta Api  Indonesia. Kereta api itu hingga dipesan oleh Negara Tetangga kita. Bulan Juni kemarin kalau tidak salah Industri Kereta Api Indonesia mengirim gerbong kereta api ke Negara Bangladesh loo. Coba aja bayangin aku aja yang cerita begitu bangga banget sama Kotaku ini apalagi kalian yang penasaran ya. Selain itu ada juga Industri lainnya yaitu :
  Industri UMKM
  Industri Baja (PT.Hari Jaya Utama)
  Industri Mebel Jepara
  Industri Sepatu Alvero
  Industri Tas
  Industri Makanan Ringan
  Industri pabrik rokok

0 komentar:

Posting Komentar